Download File
Up

CPFB/GPP - Pedoman APOTEKER PRAKTIK (Sementara)

File Name:
cpfb praktik apoteker.pdf
 hot
File Size:442.00 kB
Date:22. November 2011

Draft Cara Pelayanan Kefarmasian yang Baik (CPFB)/Good Pharmacy Praktice (GPP) ini merupakan hasil Kerjasama Dirjen Binfar Alkes dengan PP IAI untuk memfasilitasi seluruh Apoteker Indonesia yang melaksanakan tugas di bidang pelayanan kefarmasian (Apotek, Ruang Farmasi Klinik, Puskesmas maupun Instalasi Farmasi Rumah Sakit). Jika dicermati, redaksional Naskah ini masih 'terasa kacau' dan banyak hal yang belum terakomodir ataupun salah letak. Oleh karenanya Draft tersebut saat ini sedang direvisi dan disempurnakan. Namun demikian, penyajian Naskah ini ke hadapan Sidang Anggota semata-mata untuk membantu  memberikan jawaban bagaimana menyiapkan dan menjalankan Praktik Apoteker berdasarkan SOP secara benar yang merupakan keharusan bagi setiap Apoteker dalam menjalankan tugasnya. Sekurang-kurangnya, Apoteker dapat memahami bahwa secara praksis seluruh praktik kefarmasian di fasilitas pelayanan sejak pengadaan hingga penyerahan dan pemusnahan sediaan hanya dapat dikerjakan oleh tenaga kefarmasian. Akan terlihat bahwa 90% pekerjaan kefarmasian harus (hanya dapat) dilakukan oleh Apoteker, sisanya 10%-an dapat didelegasikan kepada Tenaga Teknis Kefarmasian dan tidak ada (0%) proporsi kewenangan yang dapat diserahkan kepada selain tenaga kefarmasian.

Sekalipun Naskah ini belum resmi dipublikasi, dokumen ini dapat dimanfaatkan oleh setiap tenaga kefarmasian (terutama Apoteker). Ke depan, berdasarkan Pasal 58 PP51, baik IAI maupun Pemerintah (c.q. Dinas Kesehatan) akan mengajukan tagihan secara sistematis kepada setiap Apoteker : Apakah yang bersangkutan telah (terbukti) menjalankan praktik kefarmasian secara baik dan benar berdasarkan SOP ?

Segera setelah Pedoman ini disempurnakan dan disahkan, kami akan melakukan  koreksi sebagaimana mestinya.

Selamat menikmati !

Downloads:3804 x

 

Powered by Phoca Download

Demi Allah Saya Bersumpah :   *   Saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan peri kemanusiaan, terutama dalam bidang kesehatan;   *   Saya akan merahasiakan segala sesuatu yang saya ketahui karena pekerjaan saya dan keilmuan saya sebagai Apoteker;   *   Sekalipun diancam, saya tidak akan mempergunakan pengetahuan kefarmasian saya untuk sesuatu yang bertentangan dengan hukum peri kemanusiaan;   *   Saya akan menjalankan tugas saya dengan sebaik-baiknya sesuai dengan martabat dan tradisi luhur jabatan kefarmasian;   *   Dalam menunaikan kewajiban saya, saya akan beriktiar dengan sungguh-sungguh supaya tidak terpengaruh pertimbangan Keagamaan, Kebangsaan, Kesukuan, Politik Kepartaian atau kedudukan Sosial;   *   Saya ikrarkan sumpah ini dengan sungguh-sungguh dan dengan penuh keinsafan;